Posted by : Unknown Minggu, 25 Mei 2014

Mengenal Discreet 3DS Max

Discreet 3DS Max merupakan software yang paling banyak digunakan dalam memproduksi visualisasi dimensi tiga (3D Visualization). Discreet 3DS Max memiliki fitur-fitur antara lain fitur user interface, pemodelan, material, animasi, advance lighting dan rendering, diamana semuanya untuk meningkatkan kinerja dan hasil produksi. Selain itu juga menyediakan objek-objek primitive, shapes, compound dan system Discreet 3DS Max dapat dieksport ke format TIF, JPG dan AVI sehingga dapat dimainkan di setiap komputer yang memiliki flash player. Visualisasi dimensi tiga dapat diletakkan langsung dalam halaman multimedia.
·         Membuat Ruangan
1.      Membuka Lembar Kerja Autodesk 3ds Max
Dalam pembuatan Ruangan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuka  Autodesk 3ds Max caranya dengan Klik kiri pada Start>Program>discreet>3ds Max  atau dengan  klik kanan>Run as administrator>Klik Yes
       Gambar membuka lembar kerja
Main menu adalah menu utama dari 3ds Max yang sangat penting bagi pengguna. Didalamnya terdapat menu-menu yang sering digunakan. Main menu terletak di bagian teratas window 3ds Max.
Dan Inilah Tampilan awal Autodesk 3ds Max.

Gambar tampilan awal 3ds Max
2.      Membuat Bangku
Untuk membuat Bangku bisa dengan menggunakan ChamferBox dan Box.
Langkah-langkah dalam mebuat bangku:
a.       Pertama-tama buatlah alas Bangku menggunakan ChamferBox atur sedemikian rupa sehingga menyerupai seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar alas bangku
b.      Setelah itu Copykan alas Bangkunya untuk membuat Senderan pada Bangku. Caranya dengan mengKlik alas Bangku lalu klik kanan pada mouse>klik tombol Clone>pilih Copy lalu tekan Ok.
Gambar mengcopy alas bangku
Lalu diperkecil kemudian di putar menjadi seperti ini.
 Gambar Senderan bangku copykan Senderan Bangku hingga menjadi 3.
Gambar Copy Senderan bangku
c.       Selanjutnya berikan kotak pada alas bangku dan senderan bangku menggunakan Box.
Gambar box pada alas bangku
Gambar box pada senderan bangku
d.      Langkah selajutnya membuat senderan untuk tangan pada sisi kanan dan kiri bangku dengan menggunakan Box. Jika telah dibuat senderan tangan pada sisi kiri kemudian kita hanya tinggal mengcopykan sisi kanannya saja.
Gambar senderan untuk tangan
e.       Kemudian membuat kaki bangku menggunakan Box yang diberikan warna putih atau bisa dengan material besi.
Gambar kaki bangku
Copykan alas kaki tersebut hingga menjadi empat. Aturlah posisinya sehingga rapih.
f.       Selanjutnya membuat bangku yang berkapasitas satu orang. Kita hanya tinggal mengcopykan bangku yang telah jadi diatas. Aturlah sedemikian rupa sehingga menjadi seperti pada gambar dibawah ini.
                                         Gambar bangku kapasitas 1 orang
3.      Membuat meja
a.       Langkah awal dalam pembuatan meja adalah membuat kaki meja dengan menggunakan menu Box.
Gambar kaki meja
Setelah dibuatkan kaki meja yang sebelah kiri maka kita cukup mengCopykan kaki meja yang sebelah kanan menggunakan Clone.
b.      Selanjutnya membuat alas atas meja. Cara membuatnya dengan menggunakan menu Box. Alas atas meja ini diletakan pada sisi atas kedua kaki meja.
Gambar alas atas kaki meja
C.     Setelah itu berikan material pada alas atas meja. Dengan cara mengKlik tombol Material Editor>Difuse>pilih Bitmap>Lalu cari Material yang kita inginkan>Open>klik Assign Material to
Selection.

 

Gambar cara memberikan material pada meja.




Gambar bangku dan meja yang telah di Render.
D.    Membuat Hiasan Meubel
Untuk membuat Hiasan Meubel dapat menggunakan menu Box, setelah itu berikan material yang kita inginkan.
                                                     Gambar Hiasan meubel.
Setelah itu copy hingga menjadi dua. Berikan ruang kosong di sisi dua hiasan meubel untuk memasukan kaca.
                                 Gambar langkah-langkah pemberian material kaca.
Gambar Hiasan meubel yang telah diberi kaca.
Kemudian berilah kotak-kotak pada kaca sehingga menjadi gambar berikut :
Gambar Hiasan meubel yang jadi
E.     Membuat Meja Hiasan
Dengan menggunakan Box kita dapat membuat meja hiasan. Buatlah kotak yang telah diberi warna cream,  lalu letakkan pada sisi kanan dan kiri Bangku yang berkapasitas satu orang.
Gambar meja hiasan
Kemudian berikan Fas bunga diatas meja hiasan menggunakan Box.
Gambar Fas bunga
Tambahkan Pohon menggunakan tombol Foliage yang berada di Geometry>AEC Extented>Foliage.
F.     Membuat Meja Lampu
Untuk membuat Meja lampu kita hanya cukup mengCopy meja yang telah jadi. Cukup diputar, diperkecil dan diganti materialnya menjadi warna abu-abu. Setelah itu berikan bangku menggunakan menu ChamferBox yang di beri warna merah.
Gambar meja lampu
Setelah itu buatlah lampu hiasan dengan menggunakan menu Box. Untuk kaki lampu menggunakan menu Cylinder dan alas lampu menggunakan Box.
Gambar lampu hiasan
G.    Membuat Tembok
Untuk membuat tembok langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat Rectangle pada bagian Top. Gambarlah di sekeliling benda-benda yang telah kita buat tadi.
Gambar Rectangle
Setelah itu berikan tembok pada sisi kanan, kiri dan belakang. Pada bagian depan tidak perlu di berikan tembok karena kita akan melihat hasilnya pada sisi depan. Membuat tembok menggunakan menu AEC Extented>Wall.
Ukuran
Widht     : 15.0
Height    : 300.0
Gambar tembok
H.    Membuat Hiasan Tembok
Dalam pembuatan hiasan tembok cukup dengan tombol Box saja. Setelah itu posisikan hiasan tersebut hingga menempel pada tembok. Kemudian berikan material yang kita inginkan seperti gambar batik.
Gambar hiasan tembok
Gambar hiasan tembok
I.       Membuat Lampu pada Hiasan Meubel
Untuk membuat lampu pada hiasan meubel cukup dengan mengCopy pada fas bunga, kemudian diperkecil dan di beri warna hitam. Lalu letakkan pada meubel seperti pada gambar dibawah ini.
Gambar lampu pada hiasan meubel
J.      Membuat Lantai
Dalam membuat lantai kita dapat menggambarnya pada bagian top. Langkah-langkahnya klik Geometry>Standard Primitives>Plane. Gambarlah berdasarkan Rectangle yang telah dibuat tadi. Kemudian berilah warna putih.
Gambar Plane pada bagian top
Gambar Plane yang telah dibuat
K.    Membuat Karpet
Setelah membuat lantai kini kita akan membuat karpet dibawah meja dan diatas lantai menggunakan menu Plane. Sesuaikan ukurannya dengan meja. Kemudian berikan material karpet.
                                                     Gambar Karpet
Dan inilah gambar Ruangan yang telah selesai dibuat.
                          Gambar ruangan dlm posisi depan
Gambar ruangan dlm posisi atas
Gambar ruangan dlm posisi samping

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Multimedia News - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -